Vaksin Covid Pada Anak

 

Halo Sobat MIP NEWS,
Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu.

Kali ini kita mau membahas mengenai vaksin Covid-19 yang sudah diperbolehkan untuk anak-anak di usia 6-12 tahun. Vaksin Covid-19 pada anak ini banyak menuai pro dan kontra. Banyak orang tua yang ingin anak-anak cepat divaksin, ada pula yang merasa untuk apa karena mereka idak terlalu membutuhkan dan virus ini jarang menyerang anak-anak.

Hal tersebut merupakan suatu pemikiran yang salah. Pada saat adanya kenaikan jumlah kasus Covid-19 beberapa bulan kemarin, jumlah kasus pada anak-anak juga meningkat terutamanya pada varian Delta.

Walaupun kasus Covid-19 pada anak-anak sangat rendah jika dibandingkan dengan dewasa, bukan berarti mereka tidak perlu divaksin. Anak-anak berpotensi untuk menularkan virus Covid-19 tanpa harus menunjukkan gejala, apalagi mereka yang rentan akan penyakit ini.

Pada anak-anak itu sendiri kasus Covid-19 dapat menyebabkan merreka dirawat di rumah sakit, kematian, MIS-C (gejala inflamasi) dan adanya komplikasi jangka panjang, seperti “long Covid”, dimana gejala dapat bertahan sampai berbulan-bulan, walaupun dengan gejala ringan. Serta adanya penyebaran varian Delta pada beberapa bulan yang lalu, didapatkan adanya peningkatan yang cukup banyak akan kasus pada anak-anak.

Ada data yang menunjukkan bahwa anak-anak dan terutama remaja memiliki peran penting dalam transmisi corona virus. Ini dikarenakan hubungan mereka dengan para orang tua yang lebih rentan. Selain itu kekhawatiran tentang penularan oleh anak-anak dan remaja semakin meningkat ketika varian virus corona baru muncul. Ada kemungkinan bahwa varian yang lebih menular akan mengembangkan cara untuk bisa menembus apa pun yang ada dalam respons kekebalan pada anak yang membuat mereka lebih tahan terhadap infeksi, menjadikan anak-anak semain pentung untuk divaksinasi.

Selain itu, dengan sudah diadakannya pertemuan tatap muka di sekolah, maka vaksin untuk anak-anak terhadap Covid-19 menjadi lebih penting lagi. 
Vaksinasi dan tindakan pencegahan lainnya, dapat melindungi anak-anak dari Covid-19 menggunakan vaksin yang aman dan efektif yang sudah direkomendasikan untuk remaja dan dewasa. Jadi Para MIP NEWS, bagaimana apakah sudah siap untuk memvaksin anak-anak anda terhadap Covid-19?

Semoga yang telah kami sampaikan di MIP NEWS Bulan November 2021 ini bisa menjadi referensi. Sampai jumpa kembali di MIP NEWS bulan depan.

Salam Sehat & Smile for Health.

Tinggalkan Balasan