Omicron

Halo Sobat MIP NEWS, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan baik ya.

Sudah mendengar tentang varian Covid-19 terbaru yaitu Omicron? Apakah sudah mencari tahu apa itu Omicron?

Sudah beberapa kali virud Covid-19 bermutasi dan masuk dalam status pengawasan oleh WHO, beberapa contohnya adalah

  1. B.11.7 dari Inggris ditemukan September 2020 yang dinamakan Alpha
  2. B.1.351 dari Afrika Selatan ditemukan Mei 2020 yang dinamakan Beta.
  3. P.1 dari Brazil ditemukan November 2020 yang dinamakan Gamma.
  4. Dan yang paling terkenal saat ini adalah B.1.617.2 ditemukan November 2020, dinamakan Delta dari India.

Varian paling baru saat ini adalah B.1.1.529 ditemukan November 2021, yang kemudian dinamakan Omicron, varian ini diduga berasal dari Afrika Selatan, dan masuk kedalam daftar yang harus diperhatikan oleh WHO.

Banyak pertanyaan yang muncuk mengenai Omicron, apakah lebih mudah menular, apakah lebih berbahaya, apakag vaksin ada manfaatnya?

Peneliti di Afrika Selatan dan seluruh dunia sedang melakukan penelitian untuk lebih mengerti banyak aspek dari Omicron.

A. Penularan

Masih belum jelas apakah Omicron lebih menular dibanding varian lainnya, termasuk Delta. Jumlah orang yang dites positif telah meningkat di wilayah Afrika Selatan yang terkena varian ini, tetapi studi epidemiologi sedang dilakukan untuk memahami apakah itu karena Omicron atau faktor lainnya.

B. Beratnya penyakit

Masih belum jelas apakah infeksi akibat Omicron menyebabkan penyakit yang lebih berat dibanding infeksi akibat varian lainnya, termasuk Delta. Belum ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang berhubungan dengan Omicron berbeda dengan varian lainnya. Semua varian Covid-19, termasuk Delta, dapat menyebabkan penyakit yang parah ataupun kematian, pada khususnya pada orang-orang yang paling rentan, oleh sebab itu pencegahan adalah kuncinya.

Ada Bukti awal bahwa orang yang sudah pernah terinfeksi dengan Covid-19 dapat kebih terinfeksi ulang dengan Omicron, dibanding varian perhatian lainnya.

Untuk keefktifan Vaksin, sampai saat ini vaksin yang ada masih efektif melawan terhadapt penyakit berat dan kematian.

Keefektifan tes yang saat ini digunakan, masih terus dapat digunakan untuk mendeteksi infeksi termasuk infeksi dari Omicron dan varian lainnya.

Pengobatan saat ini, masih efektif dalam menangani penyakit Covid-19 yang berat.

Bagaimana kita mencecgah tertularnya Omicron? Untuk saat ini cara paling efektif untuk mencegah penularan adalah menggunakan masker dan menjaga jarak, menerapkan prikes dengan ketat. Selain itu vaksinasi masih tetap menjadi pencegah untuk menghindari penyakit berat dan kematian.

Semoga apa yang telah kami sampaikan di MIP NEWS bulan Desember 2021 ini bisa menjadi referensi dan tetap taat prokes apapun situasinya. Sampai jumpa kembali di MIP NEWS  bulan depan dan tahun depan.

Salam Sehat & Smile for Health

Tinggalkan Balasan