Long Covid

Halo Sobat Sehat apa kabar semuanya? Semoga para Sobat beserta keluarga dalam keadaan sehat dan baik

Pada Bulan Maret 2021 kemarin Negara kita sedang menghadapi gelombang kedua dari infeksi Covid-19. Dimana mungkin ada anggota keluargam atau teman bahkan diri kita sendiri yang sempat terkena infeksi Covid-19 dan sekarang sudah dinyatakan sembuh. Dalam hal ini kita disebut Penyintas dan ternyata ada beberapa dari kita (penyintas) yang masih mengalami gejala-gejala yang dirasakan kurang nyaman untuk dirinya selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kondisi pasca covid ini dikenal sebagai Long Covid yang tampaknya tidak tergantung dengan seberapa parah atau sakit seseorang saat pertama kali menderita infeksi Covid-19. Hal ini dikarenakan bahwa ternyata para penyintas mengalami gejala ringan atau bahkan tidak memiliki gejala sama sekali, ternyata dapat mengalami kondisi Long Covid.

Gejala yang dialami pun bisa bervariasi, dari gejala ringan, sedang hingga berat. Demikian juga dengan periode Long Covid yang dialami oleh para penyintas juga berbeda-beda dari hitungan minggu sampai bisa bertahan beberapa bulan.

Adapun beberapa gejala yang dapat ditemukan : 

  1. Sistemik
    Gejala : rasa lelah, lemas setelah beraktivitas, meriang, demam, keringan dingin.
  2. Sistem Rangka dan Otot
    Gejala : nyeri oto, sendi, tulang, dan rasa kaku di leher.
  3. Sistem Paru
    Gejala : sesak nafas, nafas pendek, batuk kering atau berdahak.
  4. Sistem Reproduksi
    Gejala : gangguan menstruasi dan disfungsi seksual.
  5. Sistem Pencernaan
    Gejala : diare, mual, muntah, nyeri perut, Gerd, konstipas.
  6. Sistem Kardiovaskular
    Gejala : berdebar, nyeri dada, denyut jantung melambat.
  7. Sistem Kulit
    Gejala : gatal, rash, alergi, pendarah di bawah kulit.
  8. Sistem Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) dan Mata
    Gejala : pandangan kabur, mata kering, nyeri tenggorokan, pilek, anosmia, gangguan pendengaran dan nyeri pada telinga.
Apakah yang harus kita lakukan bila kita ada gejala gejala di atas setelah kita dinyatakan sembuh Covid-19
 
Long Covid itu sendiri tidak menular dan para penyintas dapat beraktifitas seperti biasa, namun tentunya hal yang harus kita lakukan adalah konsultasi kepada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah hal tersebut berhubungan dengan Long Covid ataukah penyakit yang berbeda yang diderita. Selain itu tentunya akan diberikan terapi sesuai dengan gejala dan kebutuhan dari penderita.
 
Apakah penyintas dapat terinfeksi kembali?
Sangat bisa. Hal ini tergantung dari system imun tubuh kita dan jumlah serta keganasan dari virus dan kemungkinan adanya varian baru dari virus tersebut. Sebagai informasi bahwa setelah sembuh antibody dan sel memori biasanya kadarnya menurun setelah 60 hari.
 
Hal inilah yang menyebabkan bahwa para penyintas
  1. Tetap harus menjaga protokol kesehatan kapan pun dan dimanapun juga.
  2. Menjaga imunitas tubuh dengan makan bergizi, tidur cukup, olahraga teratur, hindari stress, hindari rokok dan alkohol.
  3. Melakukan vaksin setelah 3 bulan dinyatakan negatif, dan dalam keadaan sehat.
Nah setelah kita mengetahui adanya Long Covid, maka semoga dapat menjawab beberapa kebingungan dari rekan rekan yang mengalaminya. Ingat bahwa sebaiknya tetap melakukan kontrol ke dokter untuk mengetaui penyebab dari gejala tersebut dan juga tentunya terapi yang mungkin dibutuhkan. Tetap semangat dan selalu menjaga protokol kesehatan dimana pun dan kapan pun juga.

Tinggalkan Balasan