Hamil di Masa Pandemi

 

Halo Sobat MIP NEWS,

Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia semua.

Kehamilan adalah kondisi dimana perhatian harus lebih ditingkatkan. Kesehatan dan imun Ibu Hamil (BUMIL) harus dijaga dengan baik supaya calon bayi dapat terus sehat dan bertumbuh. Apalagi kondisi saat ini pandemik Covid-19 yang membuat was-was para Calon Ibu/Ibu Hamil. Namun, jangan khawatir dibawah ini ada beberapa cara supaya BUMIL tetap menjaga kesehatannya. Karena tanpa adanya pandemi pun, kehamilan sudah menjadi hal yang membutuhkan perhatian ekstra.

Cara-cara menjaga kehamilan tetap sehat selama pandemik : 

  1. Rutin Kontrol
    Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kehamilan dan jadwal konsultasi selama pandemi. Atur jadwal jauh-jauh hari agar dapat mempersiapkan pemeriksaan dengan baik. Rekomendasi POGI, pemeriksaan tatap muka pada ibu hamil selama pandemi dilakukan satu kali pada trimester pertama, dua kali pada trimester kedua, dan tiga kali pada trimester ketiga. Asalkan tidak ada masalah pada kehamilan.
  2. Disiplin Diri
    Agar BUMIL tetap aman dan nyaman, maka disarankan disiplin dengan cara : 
    – Stay at home
    – Rajin cuci tangan
    – Hindari kerumunan
    – Konsumsi makanan bergizi
    – Memonitor gerak janin
    – Kalau harus keluar rumah, selalu pakai masker double
  3. Asupan Vitamin
    Asupan vitaamin sangat diperlukan oleh ibu hamil dan juga janin. Selalu sedia asam folat, kalsium, vitamin C, vitamin D, dan zat besi ya di rumah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan jika dibutuhkan nutrisi tambahan tergantung dengan kebutuhan masing-masing BUMIL, ya.
  4. Cari Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang tepat
    Faskes juga berpengaruh. Carilah faskes yang menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar untuk persalinan. Penerapan protokol kesehatan yang ketat yang baik dan benar dapat menjaga ibu dan bayi, sebelum selama dan setelah persalinan.

Terakhir, BUMIL dianjurkan selalu menjaga suasana hati supaya tidak cemas berlebihan. Pastikan hati tenang dan bergembira supaya calon bayi juga senang, sehat dalam perut.

Semoga apa yang telah kami sampaikan di MIP NEWS Bulan Agustus 2021 ini dapat membuat BUMIL dan Sobat MIP NEWS lebih lagi dalam menjaga kesehatan kehamilan dan jangan sampai lalai dalam Protokol Kesehatan. Sampai jumpa kembali di MIP NEWS bulan depan.

Salam Sehat dan Smile for Health.

Tinggalkan Balasan