Covid-19 Datang Lagi?

 

Halo Sobat MIP NEWS. Dengan keadaan cuaca yang tak menentu, dimana sering kita jumpai siang panas terik kemudian sore hari hujan deras. Ternyata kondisi seperti itu akan berdampak pada kesehatan. Dimana dengan adanya perubahan suhu yang ekstrim ini, virus akan lebih mudah menyerang sistem kekebalan tubuh menjadi melemah. Oleh sebab itu mengapa kita mudah sakit atau terinfeksi. Apalagi saat ini jumlah mereka yang terpapar Covid-19 sedang meningkat kembali.

Apa yang harus kita lakukan agar bisa terhindar dan tidak mudah sakit? Berikut beberapa tips yang bisa dicoba : 

  1. Penuhi asupan nutrisi harian
    Terutama makanan yang kaya akan antioksidan, dan juga prebiotic. Dengan demikian tubuh akan jauh lebih kebal dan mampu melawan serangan penyakit.

  2. Konsumsi vitamin
    Dengan memenuhi asuoan vitamin C, tubuh akan membentuk sistem imunitas lebih kuat sehingga dapat mencegah penyakit. Selain dari suplemen (obat), bitamin C juga bisa didaapat dari sayur-sayuran tinggi vitamin C, seperti brokoli, papaya, jeruk, mangga dan lain lain.

    Selain vitamin C, vitamin D juga penting. Vitamin D bisa didapatkan melalui suplemen dan atau sinar matahari, namun disaat musim pancaraoba, matahari akan jarang terlihat terutama pada saat hujan deras, padahal vitamin D juga memegang peranan dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

  3. Rutin berolahraga
    Olahraga juga dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik. Karena dengan berolahraga dapat mengurangi peradangan, mendukung sel-sel yang melawan infeksi, dan endirphin dari olahraga turut membantu dalam hal mengurangi stress.

    Apabila yang bekerja dari rumah, banyak cara agar bisa tetap bugar seperti aerobic dan gerakan-gerakan senam lainnya, yang turut membantu dalam hal mengeluarkan keringat.

  4. Minum air putih yang cukup
    Asupan cairan yang terpenuhi merupakan salah satu kunci kebugaran dan kekebalan tubuh, sehingga bisa meminimalisir risiko serangan penyakit. Selain itu cairan memastikan setiap fungsi dan sistem organ bisa bekerja dengan baik.

  5. Cukup tidur/istirahat
    Salah satu cara paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah dengan cukup tidur. Cukup tidur adalah tidur selama 7 sampai 9 jam setiap malam. Pada saat tidur, tubuh akan menggunakan waktu untuk melakukan pemulihan fungsi-fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.

  6. Kelola stress dengan baik
    Stress dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Oleh sebab itu sediakan waktu yang cukup agar bisa rileks. Banyak cara untuk rileks, salah satunya adalah dengan melakukan hobi seperti membaca, meditasi, mendengarkan musik dan lainnnya.

  7. Jaga kebersihan diri dan lingkungan
    Hidup sehat dan bersih memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah terbentuknya sumber penyakit. Tetap menjalankan protokol kesehatan membantu untuk mencegah tertularnya selain Covid-19 juga penyakit lain. 

Semoga tips-tips ini membantu kita semua untuk tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktifitas di cuaca tak menentu seperti akhir-akhir ini. Salam sehat, sampai bertemu kembali di MIP NEWS berikutnya.

Tinggalkan Balasan