Penyakit yang Mengintai Liburan NATARU

Halo Sobat MIP NEWS,
Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2022. Sebentar lagi adalah Hari Natal bagi mereka yang merayakan dan perayaan menyambut tahun baru 2023.

Perayaan Natal tentu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi yang merayakan untuk berkumpul bersama seluruh keluarga. Apalagi Tahun Baru, memang membawa kegembiraannya sendiri, dengan hidangan-hidangan yang disajikan.

Biasanya pada saat kita merayakan sesuatu, kita menjadi kurang mengontrol makanan yang kita makan, belum lagi kegiatan-kegiatan yang tidak sedikit, yang membuat tubuh kita kelelahan. Hal tersebut dapat menimbulkan penyakit.

BERIKUT ADALAH BEBERAPA PENYAKIT YANG DAPAT TIMBUL USAI PERAYAAN.

  1. Kelelahan
    Memang bukan penyakit, namun kelelahan adalah respon tubuh setelah melakukan aktivitas tang lebih banyak dari biasanya. Momen Natal pasti akan menguras tenaga dengan segala perseiapan dekorasi dan jamuan yang harus dilakukan. Kunjungan Natal ke berbagai tempat pun pasti dilakukan.
    Kegiatan-kegiatan tersebut terkesan sederhana, namun tetap membutuhkan tenaga yang lebih banyak dari biasanya. Akhirnya, tubuh Anda akan mengalami kelelahan. Jika hal ini terjadi, segera luangkan waktu untuk beristirahat agar tubuh dapat pulih dan bugar kembali.
  2. Kolesterol
    Junk food dan soda adalah makanan dan minuman yang umum dikonsumsi saat Natal dan Tahun Baru. Meskipun rasanya enak , makanan dan minuman ini berbahaya bagi kesehatan kamu karena bisa mengakibatkan kolesterol.
    Kolesterol tinggi dalam darah dapat menekan arteri dan menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh seperti pendarahan arteri dan penumpukan plak arteri yang buruk bagi otak dan ginjal. Terutama bagi mereka yang sudah menderita penyakit kolesterol, dapat berujung pada penyakit jantung maupun stroke, jika tidak menjaga makanan yang kita makan.
  3. Penyakit Menular
    Risiko terpapar penyakit menular menjadi lebih tinggi saat melakukan kontak dengan banyak orang atau ketika di tengah keramaian. Virus penyakit menular dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melakui berbagai cara.
    Pada perayaan Natal, tentu akan melakukan kontak fisik dengan keluarga atau tamu pesta lainnya. Risiko terkena penyakit menular pun akan lebih tinggi. Ingat, Anda pun dapat menularkan virus penyakit. Jika anda mengalami flu, gunakan masker saat berbincang dengan orang lain.

PROTEKSI DIRI KITA UNTUK KESEHATAN TUBUH SANGATLAH PENTING

Timbulnya berbagai penyakit dapat dihinndari agar tetap sehat dan bugar. Namun, bukan berarti momen Natal berubah menjadi hal yang menakutkan. Kebahagiaan Natal tanpa disadari juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Secara biologis, hari yang menyenangkan ini bisa membuat tubuh memproduksi salah satu jenis hormon bahagian yaitu oksitosin. Oktisoin berperan dalan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan berbagai sumber penyakit yang mungkin menghampiri tubuh Anda.

Dengan mengetahui beberapa risiko penyakit di atas, Anda dapat melakukan pencegahan terhadap masalah kesehatan setelah pesta Natal. Jangan lupa beristirahat, mengontrol asupan, dan tidak melupakan makanan sehat agar tubuh tetap bugar.

Selamat Hari Natal dan  Tahun Baru!

Tinggalkan Balasan